Logo
BPMP Lampung
images

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TUTORIAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Oleh :

Dita Haryaningtias, S.Pd., M.Si

Guru SMPN 1 Talangpadang kabupaten Tanggamus

 

 

Abstrak: Pengembangan Multimedia Interaktif Tutorial Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Hasil analisis kebutuhan diketahui bahwa Kegiatan belajar siswa umumnya hanya mengandalkan buku cetak sebagai media pembelajaran. Hal tersebut membuat siswa merasa bosan dan kurang tertarik serta mengalami kesulitan terhadap pelajaran fisika. Mempertimbangkan masalah tersebut, peneliti mengembangkan multimedia interaktif tutorial dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang layak dan efektif. Prosedur pengembangan meliputi: analisis kebutuhan, merumuskan tujuan pembelajaran, merumuskan butir-butir materi, perumusan alat ukur keberhasilan, menyusun naskah, melakukan validasi, melakukan uji coba dan revisi, dan produk akhir. Produk yang dikembangkan telah diuji oleh ahli dan diujicobakan pada siswa. Hasil uji coba menunjukkan bahwa produk yang digunakan sangat menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat. Hasil belajar siswa menyatakan bahwa multimedia interaktif tutorial yang dikembangkan efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

 

Kata kunci: pengembangan multimedia, media interaktif tutorial, pendekatan kontekstual_Pengembangan_Multimedia_Interaktif_dengan_menggunakan_pendekatan_kontekstual...._(1)


TAG