Logo
BPMP Lampung
images

Gambar Ilustrasi : https://www.freepik.com

Pembelajaran Self Organized Learning Environment Berbasis Project untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif pada PTM Terbatas Jenjang SMP di Kabupaten Mesuji Tahun 2021

SKB 4 menteri No 3/KB/2021 tentang panduan pembelajaran tatap muka terbatas, telah memberi kesempatan bagi pemerintah, secara bertahap membuka kembali sekolah untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas dengan mengikuti ketentuan panduan tersebut. Sekolah dan madrasah menyambut keputusan tersebut dengan persiapan protokol kesehatan sebagai upaya mengantisipasi penularan corona virus serta persiapan program pembelajaran pada prosedur pembelajaran tatap muka terbatas dengan pengaturan jumlah hari dan jam pembelajaran dengan pembagian rombongan belajar (shift). Satuan pendidikan dipersilahkan mengembangkan kurikulum disesuaikan dengan skala prioritas capaian pembelajaran, situasi dan kondisi lingkungan.

Dengan durasi belajar disekolah berkurang para pendidik membutuhkan desain pembelajaran yang tetap mengedepankan kebutuhan siswa dalam mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan. Guru diharapkan dapat merancang pembelajaran, mengintegrasikan pembelajaran tatap muka terbatas dengan aktivitas pembelajaran lanjutan setelah siswa kembali kerumah atau sebelum mengikuti pembelajaran di sekolah. Sehingga durasi pembelajaran yang berkurang di sekolah di lanjutkan siswa di rumah sebagai bagian yang tak terpisahkan dari pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas disekolah.

Untuk mewujudkan proses pembelajaran tatap muka terbatas (PTM) yang lebih bermakna, maka diperlukan desain pembelajaran yang mampu membangun kemandirian siswa dalam memenuhi rasa ingin tahunya secara terbimbing dan terarah, diantaranya melalui model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment).

Model SOLE (Self Organized Learning Environment) merupakan model pembelajaran di mana siswa mengatur belajarnya secara sendiri, baik dalam belajar mandiri maupun dalam kelompok. Model pembelajaran ini mengarahkan siswa belajar secara benar, mengembangkan rasa ingin tahu mereka secara mendalam terhadap suatu fenomena sampai pada menemukan solusi terhadap permasalahan. Berpikir kritis adalah sebuah penalaran yang berfokus untuk memutuskan apa yang dilakukan dan diyakini. Sedangkan berpikir kreatif adalah kemampuan dalam menemukan banyak kemungkinan jawaban pada suatu masalah.

Model SOLE (Self Organized Learning Environment) berbasis project memiliki tahapan kegiatan pembelajaran perlu dirancang oleh guru agar  pembelajaran dapat berjalan dengan baik, efektif, dan siswa mencapai kemampuan  berpikir  kritis dan kreatif. (*)

Selengkapnya…..

*) Penulis : Ferismayanti, M.Pd., Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda LPMP Provinsi Lampung


TAG

Dipost Oleh Solekul Hadi

Penyusun Informasi dan Publikasi